SILABUS
Nama Sekolah : SMA Islam Pb. Soedirman
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 7. Mendengarkan (memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari)
9. Berbicara (Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari)
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat o berterima kasih
• Thank you very much
• Thank you for your help
• I’m really very grateful to you
o memuji
• I (really) like your…
• That’s a nice jacket!
• You’re great!
o mengucapkan selamat
• Congratulations!
• Congratulations on your success!
• Happy birth day! TM
• Mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional secara individu.
• Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
• Mengidentifikasikan bentuk tindak tutur
TM
• Mengungkapkan percakapan interpersonl/transaksional secara berpasangan
• Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur
• Bermain peran secara berkelompok
PT
• Mencari bentuk-bentuk percakapan interpersonal/transakasional yang sesuai dengan materi pembelajaran
• Mengidentifikasi makna tindak tutur berterima kasih
• Mengidentifikasi makna tindak tutur memuji
• Mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat
• Mengidentifikasi makna tindak tutur berterima kasih
• Mengidentifikasi makna tindak tutur memuji
• Mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat
Test
UH 1
UH 2
Non test
Terstruktur
Mengerjakan soal listening
Mandiri
Mencari benrtuk tindak tutur
Test
UH 1
UH 2
Non test
Terstruktur
Mengungkapkan dialog dengan partner
Mandiri
Mencari bentuk tindak tutur
4 x 40
4 x 40
Kaset
CD TOEIC
Buku pegangan guru kelas X, Platinum
Progres, Ganeca
Linked to the word, X yudistira
English for SMA, Grafindo
Buku pegangan guru, Kelas X Platinum
Nama Sekolah : SMA Islam Pb. Soedirman
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 7. Mendengarkan (Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari)
9. Berbicara (Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari)
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
o menggunakan ungkapan terkejut
• Huh? What?
• Oh, Wouw!
• What a surpise!
o menggunakan ungkapan rasa tak percaya
• You won’t believe this, but….
• Do you know what!
• This is may surprise you, but…
o menyetujui undangan, tawaran, ajakan
• Can I….?
• Shall I…..?
• Would you like me to….?
TM
• Mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional secara klasikal
• Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
• Mengidentifikasikan bentuk tindak tutur
TM
• Mengungkapkan percakapan interpersonl/transaksional secara berpasangan
• Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur
• Bermain peran secara berkelompok
PT
• Mencari bentuk-bentuk percakapan interpersonal/transakasional yang sesuai dengan materi pembelajaran
• Mengidentifikasi tindak tutur terkejut
• Mengidentifikasi tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
• Mengidentifikasi tindak tutur menyetujui undangan, tawaran, ajakan
• Merespon tindak tutur berterima kasih
• Merespon tindak tutur memuji
• Merespon tindak tutur mengucapkan selamat
Test
UH 1
UH 2
Non test
Terstruktur
Mengerjakan soal listening
Mandiri
Mencari jenis tindak tutur
Test
UH 1
UH 2
Non test
Terstruktur
Mengungkapkan dialog dengan partner
Mandiri
Mencari jenis tindak tutur
4 x 40
4 x 40
Kaset
CD TOEIC
Buku pegangan guru kelas X, Platinum
Linked to the word, X yudistira
Nama Sekolah : SMA Islam Pb. Soedirman
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi :8. Mendengarkan (Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, descriptive, dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari)
10. Berbicara (Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari- hari)
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
10.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
ANNOUNCEMENT
Are you interested in discussing current issues? Join our school debating team.
Requirements:
- Excellent in English.
- Fond of reading.
- Holding TOEFL score: at least 500
- Having self confidence.
Registration: Monday, January 6, 2011 at 3.00 PM.
Venue: AV Room.
ATTENTION ALL EMPLOYES
We have 20 free tickets for the national Championship tennis match next Friday evening. If you are interested in these tickets, please contact Mr. Green in the accounting office before 5.00 Pm on Wednesday. We can allow up to 4 tickets per employee.
TM
• Mendengarkan sebuah pengumuman lisan.
• Mendengarkan sebuah peringatan lisan.
• Mendiskusikan isi teks yang didengar secara berpasangan.
TM
• Mendiskusikan bentuk bahasa lisan berdasarkan teks yang didengar secara berkelompok.
• Mengungkapkan sebuah pengumuman dan peringatan lisan secara bergantian
• Mengungkapkan jenis teks fungsional
PT
Mencari bentuk-bentuk teks lisan funsional pendek announcement, warning • Mengidentifikasi topik sebuah pengumuman lisan
• Mengidentifikasi informasi tertentu dari undangan lisan
• Mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar.
• Mengungkapkan informasi tertentu dan bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek (announcement)
• Mengungkapkan informasi tertentu dan bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek (banner/warning)
Test
UH 1
UH 2
Non test
Terstruktur
Menentu
Kan jenis pengumunan dan peringatan
Mandiri
Mencari bentuk pengumunan dan peringatan
Test
UH 1
UH2
Non test
Terstruktur
Menentu
Kan jenis pengumunan dan peringatan
Mandiri
Mencari bentuk pengumunan dan peringatan
4 x 40
4 x 40
Kaset
CD TOEIC
Buku pegangan guru kelas X, Platinum
Progres, Ganeca
Linked to the word, yudistira
English for SMA, Grafindo
Buku pegangan guru, X Platinum
Nama Sekolah : SMA Islam Pb. Soedirman
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 8. Mendengarkan: Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, descriptive, dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
10. Berbicara: Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
8.2. Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative, descriptive, dan news item
10.2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item
Teks lisan berbentuk narrative
A long time ago, the ancient land of Sunda was ruled by a king and queen who had but a single daughter. Her name was Dayang Sumbi. She was beautiful and clever but also pampered and spolited.
Teks lisan berbentuk descriptive
On the banks of the Chao Phraya, Bangkok's "River of Kings", lays a hotel that has already set new standards of hospitality for this celebrated city.
Teks lisan berbentuk news item
Feeling no fear, a five-year-old boy spent two days floating at sea on a mattress in a bid to survive from the effects of the tsunami that killed thousands of people from his town and was reunited with his family on Thursday.
TM
• Mendengarkan sebuah teks narrative/ descriptive/news item secara klasikal.
• Mendiskusikan isi teks yang didengar secara berpasangan.
• Mendiskusikan bentuk bahasa lisan berdasarkan teks yang didengar secara berkelompok.
TM
• Secara berkelompok menyampaikan ciri dari bentuk teks fungsional
• Secara berkelompok menyampaikan penjelasan tentang proses terjadinya sesuatu
• Secara berkelompok melakukan debat
PT
Mencari bentuk-bentuk teks lisan funsional pendek narrative, descriptive, news item • Mengidentifikasi main idea dari teks yang didengar
• Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar
• Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
• Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
• Mengidentifikasi inti berita yang didengar
• Mengidentifikasi sumber berita yang didengar
• Mengungkapkan jenis teks fungsional
• Mengungkapkan ciri teks fungsional
• Mengungkapkan bentuk retorika teks fungsional
Test
UH 1
UH 2
Non test
Terstruktur
Menentukan jenis monolog
Mandiri
Mencari bentuk monolog
Test
UH 1
UH 2
Non test
Terstruktur
Mengungkapkan makna teks fungsional
Mandiri
Mencari makna teks fungsional
4 x 40
4 x 40
Kaset
CD TOEIC
CD Top
Buku pegangan guru kelas X, Platinum
Progres, Ganeca
Linked to the word, X yudistira
English for SMA, Grafindo
Buku pegangan guru,X Platinum
Nama Sekolah : SMA Islam Pb. Soedirman
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi :11. Membaca: Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
12. Menulis: Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
Pengumuman
Attention, shoppers.
The market will be closing in ten minutes.
Please proceed to the check-out counters
Iklan
An auction for the estate of Martina Jovanovic has been set for Saturday, July 19, at 12:00 noon
Location : The Jovanovic resident at 433 Walnut Drive
Some of the items tobe auctioned
• 1997 Sport Car
• Homes Queen Appliances
• Oriental Carpets
• Stamp Collection
• Antique Furniture
Undangan
Pay attention!!
Our school will have a debate Competition
• Participant : All students in our school
• It will be held from : 10th – 12th August 2009
• Prizes : I Rp. 2.000.000,-
• II : Rp 1.500.000
• III : Rp 1.000.000
Please join us
II Rp.1.500.000,-
III Rp. 1.000.000,-
Please join us!
•
II Rp.1.500.000,-
III Rp. 1.000.000,-
Please join us!
•
II Rp.1.500.000,-
III Rp. 1.000.000,-
Please join us! TM
• Membaca pengumuman,iklan, undangan secara individu
• Mendiskusikan isi teks yang dibaca secara berpasangan.
• Mendiskusikan ciri-ciri gramatikal yang digunakan dalam teks yang dibaca secara berkelompok.
TM
• Menuliskan sebuah pengummuman, iklan,undangan secara berkelompok dan mempublikasikannya di Mading sekolah
PT
• Mencari bentuk-bentuk teks lisan funsional pendek pengumuman, iklan,undangan
• Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
• Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca
• Mengidentifikasi informasi tertentu
• Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
• Menulis gagasan utama
• Mengelaborasi gagasan utama
• Membuat draft, merevisi, menyunting
• Menghasilkan teks fungsional pendek
Test
UTS
UAS
Non test
Terstruktur
Menetukan jenis pengumuman, iklan, undangan
Mandiri
Mencari bentuk
pengumuman, iklan, undangan
Test
UTS
UAS
Non test
Terstruktur
Menulis jenis
pengumuman, iklan, undangan
Mandiri
Mencari jenis
pengumuman, iklan, undangan
4 x 40
6 x 40
Progres, Ganeca
Linked to the word, yudistira
English for SMA, Grafindo
Buku pegangan guru, X Platinum
Progres, Ganeca
Linked to the word, X yudistira
English for SMA, Grafindo
Buku pegangan guru, X Platinum
Nama Sekolah : SMA Islam Pb. Soedirman
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi :11. Membaca: Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu
(Menit) Sumber/ Bahan/ Alat
11.2 Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item
Teks tulis berbentuk narrative.
Retorika :
Orientation-Evaluation- Complication - Resolution- Re-orientation (optional)-Coda (optional)
Purpose
To amuse, entertain and to deal with actual or vicarious experience in different ways
Teks tulis berbentuk descriptive
Retorika
Identification-Description
Purpose
To Describe a particular person, place or thing
Teks tulis berbentuk news item
Retorika
Newsworthy-Background event-Sources
Purpose
To inform the readers, listeners, or viewers about events of the day which are considered newsworthy or important
TM
• Membaca nyaring teks narrative, description dannews item secara individu
• Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks, secara berkelompok.
• Berlatih menggunakan kalimat present tense dalam bentuk kalimat komplek yang menyatakan proses terjadinya sesuatu dan kalimat yang menyatakan kontra.
PT
• Mencari bentuk-bentuk teks lisan funsional pendek narrative, description,news item
• Menentukan ujuan dan retorika dari teks yang sudah didapat
• Mengidentifikasi main idea dari teks yang didengar
• Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar
• Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
• Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
• Mengidentifikasi inti berita yang didengar
• Mengidentifikasi sumber berita yang didengar
Test
UTS
UAS
Non test
Terstruktur
Menetukan tujuan eks fungsional
4 x 40
Linked to the word, X yudistira
English for SMA, X Grafindo
Buku pegangan guru, X Platinum
Nama Sekolah : SMA Islam Pb. Soedirman
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 12. Menulis: Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu
(Menit) Sumber/ Bahan/ Alat
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item
Teks tulis berbentuk narrative
Simple past
• To talk about things that happned in the past
• S + V2
Teks tulis berbentuk dscription
Simple present
• To talk about things happened in present
• S + V 1 s/es
Teks tulis berbentuk news item
Report speech
• To talk about things that always true
• S + V1s/es TM
• Membuat draft teks narrative, descrption dan news item dengan melakukan chain writing.
• Melakukan koreksi teman sejawat untuk menyempurnakan draft.
• Menyempurnakan draft berdasarkan koreksi teman.
PT
• Menulis teks yang sudah ditentukan sesuai tenses
• Mencari bentuk-bentuk teks lisan • Menggunakan kalimat simple past tense dalam membuat sebuah narrative
• Menggunakan kalimat simple present dalam membuat sebuah deskripsi
• Menggunakan kalimat reported speech dalam menyampaikan sebuah berita
Test
UH
Quiz
Post test
Non test
Terstruktur
Menetukan tenses dari teks yang sudah ditentukan
Mandiri
Menulis teks yang sudah ditentukan sesuai tenses
6 x 40
Progres, Ganeca
Linked to the word, X yudistira
English for SMA, X Grafindo
Buku pegangan guru, Platinum
Bekasi, 25 Januari 2011
Kepala Sekolah Guru bidang studi
Ir. H. Kusnaedi, M.M Andrian, S.Pd
NRP.040817
Tidak ada komentar:
Posting Komentar